apabila anda ingin membuat aplikasi untuk mobile yang menggunakan touchscreen, maka script event ini sangat membantu untuk anda.
Mouse Click = Tap Event
A tap event sama seperti klik di desktop :Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.TOUCH_POINT;
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_TAP, tapHandler);
function tapHandler(event:TouchEvent):void
{
// Start your custom code
}
Click/Drag = Touch Begin/End
seperti ketika anda menggunakan klik dan drag TOUCH_BEGIN and TOUCH_END:Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.TOUCH_POINT;
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_BEGIN, touchBeginHandler);
var fl_DragBounds:Rectangle = new Rectangle(0, 0, stage.stageWidth, stage.stageHeight);
function fl_TouchBeginHandler(event:TouchEvent):void
{
event.target.startTouchDrag(event.touchPointID, false, fl_DragBounds);
}
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_END, touchEndHandler);
function fl_TouchEndHandler(event:TouchEvent):void
{
event.target.stopTouchDrag(event.touchPointID);
}
Long Tap
apabila objek di tahan dengan jari beberapa detik. umumnya digunakan untuk memunculkan menu (seperti klik kanan)var pressTimer:Timer = new Timer(1000);
pressTimer.addEventListener(TimerEvent.TIMER, pressTimerHandler);
function fl_PressTimerHandler(event:TimerEvent):void
{
// Start your custom code
}
Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.TOUCH_POINT;
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_BEGIN, pressBeginHandler);
function pressBeginHandler(event:TouchEvent):void
{
pressTimer.start();
}
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_END, pressEndHandler);
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_ROLL_OUT, pressEndHandler);
function pressEndHandler(event:TouchEvent):void
{
pressTimer.stop();
// End your custom code
}
Two-Finger Tap
ketika dua jari mengklik objek.Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
stage.addEventListener(GestureEvent.GESTURE_TWO_FINGER_TAP, twoFingerTapHandler);
function twoFingerTapHandler(event:GestureEvent):void
{
// Start your custom code
}
Pinch to Zoom
seperti untuk memperbesar foto dan peta. (yang di cubit-cubit gitu)Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
stage.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_ZOOM, zoomHandler);
function zoomHandler(event:TransformGestureEvent):void
{
instance_name_here.scaleX *= event.scaleX;
instance_name_here.scaleY *= event.scaleY;
}
Pan Event
apabila gambar lebih besar dari layar. maka menggunakan pan event untuk melihat bagian lainnya.Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
instance_name_here.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_PAN, panHandler);
function panHandler(event:TransformGestureEvent):void
{
event.currentTarget.x += event.offsetX;
event.currentTarget.y += event.offsetY;
}
Rotate Event
untuk memutar gambar dengan 2 jariMultitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
instance_name_here.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_ROTATE, rotateHandler);
function rotateHandler(event:TransformGestureEvent):void
{
event.target.rotation += event.rotation;
}
Swipe Up/Down/Left/Right
untuk menggerakan screen ganda atau teks panjangMultitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
stage.addEventListener (TransformGestureEvent.GESTURE_SWIPE, swipeHandler);
function swipeHandler(event:TransformGestureEvent):void
{
switch(event.offsetX)
{
case 1:
{
// swiped right
break;
}
case -1:
{
// swiped left
break;
}
}
switch(event.offsetY)
{
case 1:
{
// swiped down
break;
}
case -1:
{
// swiped up
break;
}
}
}
sahabat desain menerima pembuatan aplikasi untuk android dan Ipad. hubungi
0856 9534 6136
semoga berguna
salam
taufiq zulfikar
sahabat desain
2 komentar:
mau tanya nih gan,kalo misalnya kita pake emulator
untuk ngeliat dia tetep berfungsi jadi touch tuh gmana?
apa tetep dgn mouse ajah tinggal klik udah keliatan fungsi"dari beberapa event itu sudah benar??
makasi gan buat artikelnya.bagus :)
pakai adobe flash CS6 maka anda akan mendapat emulator yang diinginkan
karena untuk adobe CS5 sendiri masih pakai adobe AIR buat test running nya
salam
Taufiq Zulfikar
Posting Komentar
Terima kasih sudah menulis komentar