Blog dalam proses Modifikasi

mohon maaf bila tampilan blog masih acak-acakan kami sedang mengubah theme blog agar lebih menarik dan informatif.

CD interaktif Company Profile

Memberikan informasi seputar pembuatan CD interaktif Company Profile.

CD Interaktif Edukasi / Pembelajaran

kami Memberikan informasi tentang pembuatan CD Interaktif untuk kebutuhan dunia pendidikan baik itu PAUD, SD, SMP, SMA, atau tingkat kuliah dan umum.

Tutorial Gratis

Berlanggananlah melalui RSS Feed dan email untuk mendapatkan tutorial2 berguna secara gratis dan terupdate!.

Jasa Pembuatan CD interaktif

Dapatkan penawaran Menarik dalam jasa desain dan pembuatan Program Multimedia Interaktif segala jenis dengan Kualitas Professional.

Sabtu, 26 Mei 2012

touch/tap event dalam adobe flash

apabila anda ingin membuat aplikasi untuk mobile yang menggunakan touchscreen, maka script event ini sangat membantu untuk anda.

Mouse Click = Tap Event

A tap event sama seperti klik di desktop :
Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.TOUCH_POINT;
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_TAP, tapHandler);
function tapHandler(event:TouchEvent):void
{
// Start your custom code
}

Click/Drag = Touch Begin/End

seperti ketika anda menggunakan klik dan drag TOUCH_BEGIN and TOUCH_END:
Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.TOUCH_POINT;
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_BEGIN, touchBeginHandler);
var fl_DragBounds:Rectangle = new Rectangle(0, 0, stage.stageWidth, stage.stageHeight);
function fl_TouchBeginHandler(event:TouchEvent):void
{
event.target.startTouchDrag(event.touchPointID, false, fl_DragBounds);
}
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_END, touchEndHandler);
function fl_TouchEndHandler(event:TouchEvent):void
{
event.target.stopTouchDrag(event.touchPointID);
}

Long Tap

apabila objek di tahan dengan jari beberapa detik. umumnya digunakan untuk memunculkan menu (seperti klik kanan)
var pressTimer:Timer = new Timer(1000);
pressTimer.addEventListener(TimerEvent.TIMER, pressTimerHandler);
function fl_PressTimerHandler(event:TimerEvent):void
{
// Start your custom code
}
Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.TOUCH_POINT;
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_BEGIN, pressBeginHandler);
function pressBeginHandler(event:TouchEvent):void
{
pressTimer.start();
}
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_END, pressEndHandler);
square.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_ROLL_OUT, pressEndHandler);
function pressEndHandler(event:TouchEvent):void
{
pressTimer.stop();
// End your custom code
}

Two-Finger Tap

ketika dua jari mengklik objek.
Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
stage.addEventListener(GestureEvent.GESTURE_TWO_FINGER_TAP, twoFingerTapHandler);
function twoFingerTapHandler(event:GestureEvent):void
{
// Start your custom code
}

Pinch to Zoom

seperti untuk memperbesar foto dan peta. (yang di cubit-cubit gitu)
Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
stage.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_ZOOM, zoomHandler);
function zoomHandler(event:TransformGestureEvent):void
{
instance_name_here.scaleX *= event.scaleX;
instance_name_here.scaleY *= event.scaleY;
}

Pan Event

apabila gambar lebih besar dari layar. maka menggunakan pan event untuk melihat bagian lainnya.
Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
instance_name_here.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_PAN, panHandler);
function panHandler(event:TransformGestureEvent):void
{
event.currentTarget.x += event.offsetX;
event.currentTarget.y += event.offsetY;
}

Rotate Event

untuk memutar gambar dengan 2 jari
Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
instance_name_here.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_ROTATE, rotateHandler);
function rotateHandler(event:TransformGestureEvent):void
{
event.target.rotation += event.rotation;
}

Swipe Up/Down/Left/Right

untuk menggerakan screen ganda atau teks panjang
Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
stage.addEventListener (TransformGestureEvent.GESTURE_SWIPE, swipeHandler);
function swipeHandler(event:TransformGestureEvent):void
{
switch(event.offsetX)
{
case 1:
{
// swiped right
break;
}
case -1:
{
// swiped left
break;
}
}
switch(event.offsetY)
{
case 1:
{
// swiped down
break;
}
case -1:
{
// swiped up
break;
}
}
}

sahabat desain menerima pembuatan aplikasi untuk android dan Ipad. hubungi 
0856 9534 6136

semoga berguna
salam 
taufiq zulfikar
sahabat desain

2 komentar:

mau tanya nih gan,kalo misalnya kita pake emulator
untuk ngeliat dia tetep berfungsi jadi touch tuh gmana?
apa tetep dgn mouse ajah tinggal klik udah keliatan fungsi"dari beberapa event itu sudah benar??

makasi gan buat artikelnya.bagus :)

pakai adobe flash CS6 maka anda akan mendapat emulator yang diinginkan
karena untuk adobe CS5 sendiri masih pakai adobe AIR buat test running nya

salam
Taufiq Zulfikar

Posting Komentar

Terima kasih sudah menulis komentar