Blog dalam proses Modifikasi

mohon maaf bila tampilan blog masih acak-acakan kami sedang mengubah theme blog agar lebih menarik dan informatif.

CD interaktif Company Profile

Memberikan informasi seputar pembuatan CD interaktif Company Profile.

CD Interaktif Edukasi / Pembelajaran

kami Memberikan informasi tentang pembuatan CD Interaktif untuk kebutuhan dunia pendidikan baik itu PAUD, SD, SMP, SMA, atau tingkat kuliah dan umum.

Tutorial Gratis

Berlanggananlah melalui RSS Feed dan email untuk mendapatkan tutorial2 berguna secara gratis dan terupdate!.

Jasa Pembuatan CD interaktif

Dapatkan penawaran Menarik dalam jasa desain dan pembuatan Program Multimedia Interaktif segala jenis dengan Kualitas Professional.

Senin, 22 Agustus 2011

Kendala-kendala dalam pembuatan CD Interaktif Pembelajaran / Edukasi

setelah membahas kendala dalam pembuatan CD interaktif Company Profile disini. sekarang mari kita bahas kendala-kendala atau masalah yang sering muncul dalam pembuatan CD interaktif Pembelajaran.

pertama kami bahas dari segi kualitas CD Interaktif nya terlebih dahulu.

1. Materi Tidak lengkap atau tidak jelas.
ada beberapa cd interaktif pembelajaran yang materi pembahasannya acak2an atau tidak jelas. ini biasanya disebabkan oleh konsep yang acak-acakan dan storyboard yang tidak jelas. solusinya adalah, anda harus menyiapkan konsep yang matang dan mengundang narasumber atau pembuat materi yang kompenten dalam mengajar.

2. Tidak ada simulasi / gambar / animasi pendukung.
adakalanya ketika dikejar deadline cd interaktif dikurangi kualitasnya dengan tidak memberikan gambaran visual yang mendukung materi. ini kan cd interaktif harus lebih baik dari buku cetak seharusnya! solusi masalah ini cukup jelas.. yaitu tetap konsisten dengan kualitas.

3. menu pembahasan dan bab acak-acakan dan membingungkan
beberapa cd interaktif pembelajaran terkadang menu nya sangat membingungkan dan acak-acakan. oleh karena itu pastikan menu yang dibuat harus userfrendly dan easy navigation agar user tidak kesulitan bila berpindah materi atau bab.

4. Berat dijalankan dibeberapa komputer.
cd interaktif pembelajaran memang cendrung lebih berat dibanding cd company profile, hal ini disebabkan banyaknya materi yang yarus diload memori, apalagi cd interaktif dilengkapi banyak animasi gambar dan audio. untuk mengatasi hal ini, buatlah cd interaktif dengan executable projector (start.exe) seringan mungkin. dan jangan banyak2 memuat materi dalam 1 CD. 

5. Tidak rapih jika dilihat dari berbagai resolusi monitor.
kendala ini terdapat dihampir semua cd interaktif. oleh karena itu buatlah cd interaktif untuk semua ukuran monitor.

6. Pengisi suara membosankan/ terlalu datar
CD pembelajaran tidak boleh membosankan. oleh karena itu harus dipilih dubber / pengisi suara yang mempunyai talenta khusus dalam memberikan penjelasan dan mempunyai suara yang menarik.

7. terdapat error / file hilang / navigasi tidak jalan.
agar cd interaktif berjalan baik, sebaiknya di coba semua tombol dan navigasi agar dipastikan tidak ada bugs.

setelah kita bahas dari segi kualitas CD , mari kita bahas kendala dari segi produksi.

1. terlalu dikejar deadline
biasanya pembuatan cd interaktif pembelajaran dikejar deadline tahun ajaran baru. oleh karena itu timeline produksi harus di matangkan agar tidak molor atau terlalu terburu-buru.

2. tidak adanya singkroniassi masing2 personil tim
harus ada briefing untuk semua personil dari mulai, programmer, konseptor, animator, tutor, dubber, dan QC editor. agar semua menangkap konsep yang akan digarap. 

3. klien berubah2 mandatori.
adakalanya klien berubah2 mandatori sehingga membuat konsep awal jadi acak-acakan. oleh karena itu lebih baik dibuatkan dummy dan di presentasikan ke klien. selain itu buat pula MoU yag jelas.

4. Pembajakan
CD interaktif pembelajaran lebih baik di proteksi secara baik dengan software yang kuat agar tidak di bajak, karena pembajakan merupakan musuh besar penerbit cd interaktif pembelajaran.

itulah kendala yang kami bahas dalam pembuatan CD interaktif pembelajaran. semoga berguna bagi anda yang hendak membuat cd interaktif pembelajaran.

DILARANG KERAS MENGCOPY ISI ARTIKEL TANPA MENYERTAKAN SUMBER PENULISNYA!
artikel ditulis oleh :
Taufiq Zulfikar
Marketing Manager
Jasa Pembuatan CD Interaktif , animasi, dan website terbaik di indonesia
085695346136
info@sahabatdesain.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menulis komentar