Blog dalam proses Modifikasi

mohon maaf bila tampilan blog masih acak-acakan kami sedang mengubah theme blog agar lebih menarik dan informatif.

CD interaktif Company Profile

Memberikan informasi seputar pembuatan CD interaktif Company Profile.

CD Interaktif Edukasi / Pembelajaran

kami Memberikan informasi tentang pembuatan CD Interaktif untuk kebutuhan dunia pendidikan baik itu PAUD, SD, SMP, SMA, atau tingkat kuliah dan umum.

Tutorial Gratis

Berlanggananlah melalui RSS Feed dan email untuk mendapatkan tutorial2 berguna secara gratis dan terupdate!.

Jasa Pembuatan CD interaktif

Dapatkan penawaran Menarik dalam jasa desain dan pembuatan Program Multimedia Interaktif segala jenis dengan Kualitas Professional.

Jumat, 13 April 2012

tips agar cd interaktif tidak berat saat dijalankan

salah satu syarat cd interaktif yang baik yaitu tidak berat berjalan di komputer. saya sudah paparkan syarat cd interaktif yang baik disini. lalu bagaimanakah cara agar cd interaktif yang kita buat berjalan lancar tanpa adanya lag/ngedet-ngedet dsb?

sebenarnya kita hanya meminimalisasi penggunaan memori komputer pada saat menjalankan cd interaktif. lalu inilah yang harus diperhatikan :

1. pastikan cd interaktif menggunakan sistem load movie/data.
artinya file yang di eksekusi (exe) tidak memuat file-file temporary, seperti Backgeround music, image, dsb. bila anda menggunakan adobe flash anda dapat menggunakan script loadMovie atau loadSound. jadi swf dipanggil sementara ke memori, tidak semua bagian cd interktif terload.

2. resolusi optimal.
buatlah file gambar dengan size dan resolusi optimal, misal di resize di photoshop hingga sesuai dengan resolusi yg dibutuhkan. begitu juga resolusi movie di usahakan tidak melebihi kapasitas monitor.

3. optimalisasi vector
apabila anda menggunakan gambar berbasis vector, apabila terlalu banyak objeck vector (node & stroke) lebih baik di rastersize menjadi bitmap.

4. optimaslisasi file yang sama
apabila anda menggunakan file gambar /suara yang sama, pastikan menggunakan file yang sama dalam library, agar tidak terjadi redudansi.

5. gunakan kompress dan protect standar.
pengkompresan ukuran file dan proteksi cd merupakan tindakan yang dapat membuat cd lebih berat di eksekusi, maka apabila tidak dibutuhkan, lebih baik tidak digunakan.

6. gunakan media penyimpanan sesuai.
apabila kapasitas cd melebihi 700mb maka gunakanlah dvd disc, namun apabila masih dibawah 700mb maka gunakanlah kepingan CD. pastikan pula kualitas disc yang baik.

7. cantumkan minimum system requirement pada label dan cover cd.
sebaiknya anda mencantumkan minimum system requirement pada label dan cover cd agar user menyadari apabila spek pc belum kompatible.

8. gunakan bahasa programming yang enteng.
sampai saat ini flash merupakan jenis cd interaktif paling ringan dibanding adobe director dan sebagainya.

itulah beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda yang hendak membuat cd interaktif sendiri. bagi anda yang ingin bisa membuat cd interaktif sendiri dapat membeli tutorialnya disini

artikel ini ditulis oleh :
Taufiq Zulfikar
Marketing Manager
CD Interaktif | website | Animasi
0856 9534 6136
sahabatdesain@yahoo.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menulis komentar